10 Cara Tepat Memilih Asuransi Kendaraan Mobil Anda

Cara Memilih Asuransi Kendaraan

Cara Memilih Asuransi Kendaraan - Hampir setiap keluarga di Indonesia memiliki satu kendaraan bermotor, baik itu sepeda motor maupun mobil. Belum lagi ditambah dengan banyaknya kendaraan angkutan lainnya dan juga truk, hal tersebut bisa menjadikan jalanan  di Indonesia makin ramai.

Makin ramainya jalanan di Indonesia nyatanya memunculkan masalah tersendiri, di antaranya yaitu kecelakaan lalu lintas yang tidak sedikit mengakibatkan kerugian materi serta jiwa. Di luar itu, banyaknya kendaraan berrmotor di Indonesia nyatanya mulai dilirik oleh tangan tidak bertanggung jawab. Tidak sedikit orang yang kehilangan kendaraan bermotor, terbukti dengan makin maraknya kasus pencurian kendaraan bermotor (begal yang saat ini sedang ramai). Salah satu kiat mengantisipasi potensi kerugian dan juga dampak yang muncul yaitu dengan memindahkan dampak yang ada ke pihak ke-3.

Untuk mengatasi masalah tersebut, sesuatu yang kita perlukan setelah mempunyai kendaraan bermotor adalah asuransi kendaraan. Kenapa asuransi kendaraan? Sebab dengan asuransi kendaraan, maka kendaraan kita akan terlindungi jika terjadi kecelakaan, kehilangan atau kerusakan.

Untuk saat ini, sudah banyak perusahaan asuransi di Indonesia yang menyediakan asuransi buat kendaraan. Sehingga, kita sebagai calon customer memerlukan kejelian dalam memilih asuransi kendaraan. Berikut, ada beberapa saran dalam memilih asuransi kendaraan bermotor bagi Anda sehingga cocok dan pas dengan kendaraan Kamu. Berikut detail cara memilih asuransi kendaraan:

1. Ketahui Keadaan Kendaraan

Supaya Anda mampu memilih asuransi yang sesuai untuk kendaraan Anda. Ketahui terlebih dahulu kondisi kendaraan Kamu. Anda harus mengetahui umur, tipe dan juga keguanaan kendaraan tersebut.

Asuransi kendaraan sendiri terbagi menjadi dua tipe, yaitu :
  1. Asuransi all risk atau comprehensive, ialah asuransi yang menanggung hampir seluruh dampak terhadap kendaraan Anda, baik kecelakaan besar ataupun kecil. Walaupun begitu masih ada faktor yang dikecualikan dalam polis ini. Salah satu contoh dampak yang tidak ditanggung dalam polis ini yaitu kehilangan kendaraan akibatkan dibawa kabur oleh sopir pribadi atau karywawan yang bekerja pada pemilik kendaraan.
  2. Asuransi totally loss only (TLO), ialah asuransi yang cuma menjamin dampak kerusakan kendaraan di atas 75% dari nilai kendaraan. Kalau Anda mempunyai kendaraan yang telah berumur tua dan memiliki mobilitas tinggi, disarankan untuk memilih polis ini.

2. Mempertimbangkan Kredebilitas Perusahaan

Saran selanjutnya adalah mempertimbangkan kredebilitas perusahaan asuransi. Pastikan Anda memilih perusahaan yang kompeten dalam asuransi kendaraan dan memiliki reputasi baik dalam menyelesaikan proses klaim dari nasabahnya. Cari informasi berapa lama perusahaan tersebut memproses klaim dan waktu pembayaran. Lebih bagus lagi seandainya Anda memilih asuransi dengan predikat Best General Insurance, Indonesian Best Brand Award, atau Indonesian Costumer Satisfaction Award. Hal ini menandakan bahwa asuransi tersebut terbukti dapat diandalkan, terpercaya, dan juga bertanggung jawab dalam melayani klaim dari nasabahnya.
Cara Memilih Asuransi Kendaraan

3. Memilih Asuransi Hasil Rekomendasi Dealer

Apabila Anda tidak dapat memilih asuransi kendaraan sendiri, ada baiknya kalau Anda datang ke dealer di mana Anda membeli kendaraan tersebut. Tanyakan kepada pihak dealer berkaitan asuransi kendaraan mana yang bagus. Mintalah info kepada dealer perusahaan asuransi yang diakui oleh dealer. Seandainya pihak dealer memberikan informasi positif dan saran kepada Anda rujukan sebuah perusahaan asuransi, maka itu tandanya perusahaan tersebut diakui.

4. Bengkel Rekanan Perusahaan

Penting bagi Anda untuk mengetahui seberapa banyak bengkel rekanan dari perusahaan asuransi tersebut dan lokasinya. Semakin banyak bengkel rekanan yang bekerja sama dengan perusahaan asuransi tersebut, maka semakin mudah dalam memproses klaim asuransi kendaraan Anda. Jadi, usahakan Anda memilih perusahaan asuransi yang memiliki banyak bengkel rekanan.

5. Feature Layanan Perusahaan

Ada baiknya bila Anda memilih perusahaan asuransi yang mempunyai feature pelayanan seperti hotline 24 jam, mobil derek, juga cabang yang tersebar di mana–mana. Kenapa demikian? Pasti Anda tidak hanya berkendaraan di daerah tempat tinggal Anda saja. Anda sewaktu-waktu memerlukan berpergian jauh. Jadi, semisal dalam suatu saat Anda sedang berpergian jauh dan mengalami kecelakaan, maka Anda dapat dengan mudah melaporkan kejadian tersebut dan mendapat pelayanan yang cepat dari pihak asuransi.

Cara Memilih Asuransi Kendaraan

6. Perhatikan Nilai Premi

Pilihlah premi asuransi kendaraan yang wajar, jangan asal memilih yang murah saja. Kenapa hal ini penting? Lantaran dewasa ini persaingan perusahaan asuransi kendaraan makin ketat, dan juga tidak sedikit dari mereka yang membanting harga, menawarkan harga premi yang murah demi mendapatkan banyak nasabah. Padahal dengan harga premi yang murah, belum tentu mendapatkan layanan yang memuaskan. Ingatlah prinsip dalam transaksi, "Ada harga, ada barang".

Diharapkan Anda tidak tergiur dengan harga premi yang murah tersebut, walaupun demikian Anda pun jangan sampai memilih harga premi yang terlalu mahal daripada harga pada umumnya. Jangan sampai terlalu mahal hingga memberatkan keuangan keluarga Anda.

7. Ketahui Rasio Keluhan dan Klaim Perusahaan Asuransi

Pada saat Anda memilih asuransi kendaraan, ketahui pula rasio perbandingan antara keluhan klaim dan klaim yang diselesaikan oleh perusahaan asuransi tersebut. Apabila rasio keluhan klaim lebih banyak daripada klaim yang diselesaikan, hal ini menunjukkan bahwa perusahaan asuransi kurang dapat diandalkan. Sebaiknya Anda tidak memilih perusahaan asuransi tersebut.

8. Pelajari Bonafiditas Perusahaan

Sebagai lemabaga profit yang bergerak di sektor keuangan, bonafiditas perusahaan asuransi haruslah bagus. Pilihlah perusahaan asuransi yang mempunyai bonafiditas bagus. Anda pasti tidak ingin pada saat mengajukan klaim, ternyata tidak disanggupi oleh perusahaan asuransi terebut dikarenakan tidak ada uang. Maka dari itu pelajari dulu sebelum Anda memilih asuransi.
Cara Memilih Asuransi Kendaraan

9. Pelayanan Mudah

Pilihlah perusahaan asuransi yang pelayanannya mudah dan tidak berbelit–belit, hal ini mempermudah Anda sebagai pemegang polis.

10. Layanan Tambahan (Extramile Services)

Siapa yang tidak senang dilayani layaknya seorang raja? Memang tidak berlebihan jika ada ungkapan "Konsumen adalah Raja". Tentu Anda semua pun ingin urusan asuransi Anda dilayani dengan baik.

Itulah 10 panduan memilih asuransi kendaraan yang dapat Anda gunakan pada saat hendak membeli asuransi untuk mobil Anda.

Demikian informasi tentang cara memilih asuransi kendaraan yang dapat kami sampaikan kepada Anda semuanya, semoga bermanfaat buat referensi bagi Anda yang menginginkannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel