5 Cara Tepat Memilih Investasi Reksadana Terbaik



Cara Memilih Investasi Reksadana - Berinvestasi reksadana ternyata sangat mudah. Namun Anda harus menentukan terlebih dahulu produk reksadana terbaik serta yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Tetapi kebanyakan orang menilai pada suatu produk reksadana tersebut hanyalah berdasarkan pada kinerja return atau tingkat kenaikan (tingkat pengembalian) nilainya pada waktu ke waktu. Meski demikian, menilai produk reksadana dari sisi return saja, tidaklah cukup. Mengapa? Sebab tingkat pengembalian pada periode sebelumnya tidaklah menjadi jaminan pada tingkat return di masa yang akan datang. Nilai reksadana dapat saja lebih rendah ataupun bahkan lebih tinggi karena adanya banyak faktor termasuk juga pengaruh lingkungan bisnis lokasi reksadana tersebut diinvestasikan.

Walau demikian, investasi reksadana bukan termasuk spekulasi. Anda sebagai seorang investor tetap bisa menganalisa beberapa hal untuk dasar memilih produk reksadana terbaik untuk Anda. Sehingga untuk menentukan reksadana yang paling sesuai dan terbaik bagi Anda, inilah beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan tambahan, sebagai cara memilih investasi reksadana selain faktor dari kinerja return reksadana.

1. Pahami Profil dan Tujuan Investasi Anda

Pada dasarnya prinsip investasi ialah high risk high return, ini berarti Potensi keuntungan sangat tinggi disertai dengan potensi resiko sangat besar. Dan apakah Anda menginginkan adanya potensi keuntungan yang sangat tinggi? Tentu Anda juga harus punya nyali karena bisa saja investasi yang Anda miliki turun drastis. Bila Anda masuk kategori tersebut, maka reksadana saham bisa menjadi pilihan.

Namun sebaliknya untuk mereka yang memang tidak terlalu berani dalam menantang resiko, umumnya memilih pada reksadana pasar uang ataupun reksadana pendapatan tetap. Namun, tingkat keuntungannya tidak dapat diharapkan terlalu besar.

Bila Anda kategori moderat, atau yang menengah saja, telah tersedia aneka produk dari reksadana campuran yang dapat anda jadikan sebagai pertimbangan.

Di samping itu, tujuan Anda melakukan investasi pun tidak kalah penting. Bila Anda berinvestasi dalam jangka panjang (lebih dari 5 tahun), misalnya tujuannya adalah pendidikan anak atau untuk membeli rumah, telah tersedia reksadana saham dan bisa menjadi pilihan Anda karena naik turunnya pada reksadana saham cenderung akan membawa hasil positif pada jangka panjang.

Sedangkan jika Anda merencanakan melakukan investasi yang Anda gunakan dalam waktu satu ataupun dua tahun kemudian, maka sebaiknya memilih produk dari reksadana pendapatan tetap sebab memberikan hasil yang akan lebih pasti meski tidak sebesar potensi dari keuntungan reksadana saham. Begitu pula dengan investasi untuk membiayai terhadap rencana pensiun pada 10 tahun mendatang, maka jangan taruh pada reksadana pendapatan tetap ataupun campuran karena tidak bisa memberi hasil secara maksimal.

Selalu kenali profil resiko dan tujuan investasi Anda sebelum menentukan pilihan.

Untuk selanjutnya, Anda juga harus menganalisa beberapa karakteristik dari produk reksadana yang memang sedang Anda incar. Dan informasi ini bisa Anda peroleh pada lembar penjelasan yang juga disebut dengan fund fact sheet dan memuat penjelasan lengkap terhadap masing-masing produk reksadana. Dan fund fact sheet dapat Anda peroleh secara online pada website manajer investasi yang diterbitkan oleh reksadana. Jika tidak tersedia, bisa memintanya supaya perusahaan manajer investasi tersebut mengirimkannya pada Anda.

2. Usia Produk Reksadana

Tidak hanya sedikit yang menyarankan agar memilih produk yang sudah teruji oleh waktu, seperti produk yang sudah berusia 3 hingga 5 tahun. Dalam usia yang sudah cukup matang, maka suatu produk bisa memberikan gambaran kinerjanya ketika masa-masa sulit, bila ada, pada periode tersebut.

Tetapi ada pendapat lain yang mengatakan jika produk reksadana yang sudah berumur biasanya memiliki NAB (atau Nilai Aktiva Bersih ataupun harga per unit) lebih mahal. Terkadang juga usia muda dari suatu perusahaan juga tidak selalu pertanda yang kurang baik, sebab investor bisa juga akan menilai potensi-potensi lain. Karena produk reksadana terbaik sekarang ini juga pasti pernah muda.

Tapi, untuk memburu produk dari reksadana yang memang sudah terbukti dapat memberi hasil menguntungkan tidaklah masalah. Karena saat menghitung return, seluruhnya tetap dalam %. Dan bukan dalam unit. Sehingga tua muda tidak masalah. Seluruhnya kembali pada pertimbangan Anda.

3. Bagaimana Uang Anda Diinvestasikan

Keuntungan dari investasi reksadana ialah Anda bisa mengetahui arah mana uang sekaligus bagaimana uang Anda diinvestasikan. Dalam prospektus Anda bisa melihat pada saham mana saja uang Anda diinvestasikan, dan berapa porsi dalam saham, obligasi serta lain-lain. Informasi ini pasti membantu Anda dalam mengetahui apakah uang milik Anda ditempatkan pada tempat yang benar ataupun tidak. Anda pasti lebih percaya diri jika uang Anda diinvestasikan pada saham perusahaan top jika dibandingkan diinvestasikan pada saham-saham kacangan bukan?

Bila Anda menginginkan produk dari reksadana syariah, maka informasi ini sangatlah berguna karena Anda menjadi yakin jika uang Anda tidak akan diputar di luar dari ketentuan syariah. Dan dengan memahami hal tersebut, perlu disadari jika berinvestasi bukanlah judi. Anda pasti mengetahui benar bagaimana dana Anda diinvestasikan, sehingga dengan demikian Anda bisa menakar resiko dengan potensi keuntungannya.

4. Dana Kelolaan Perusahaan Manajemen Investasi

Selain itu kepercayaan juga merupakan unsur penting di dunia investasi. Oleh karena itu, pastikan bila uang Anda dikelola perusahaan Manajemen Investasi yang mempunyai fundamental keuangan dan nama baik dalam dunia investasi. Bagi perusahaan yang mengelola uang masyarakat yang besar, pastilah mendapatkan kepercayaan yang sangat tinggi dari masyarakat.

Begitu pula pada setiap produk reksadana, mempunyai data jumlah uang masyarakat yang terkumpul. Dan semakin besar uang kelolaannya pasti mengindikasikan kepercayaan bukan? Walaupun demikian, maka indikator ini tidaklah selalu bisa dijadikan pembanding. Karena, setiap produk reksadana mempunyai perencanaan tersendiri, terhadap berapa uang kelolaan yang diharapkan bisa dikumpulkan dan dikelolanya.

Selain itu tidak kalah penting juga adalah jika besarnya dana kelolaan dari produk reksadana dapat membuat Anda akan lebih tenang berinvestasi. Jika dana kelolaannya besar, berarti produk tersebut bisa tetap oke-oke saja sekaligus tidak mudah goyah jika menghadapi kondisi ketika terjadi pencairan dana dari investor dengan jumlah yang besar.

5. Pelayanan Nasabah yang Baik

Sebagai seorang investor, maka Anda berhak menerima jasa pelayanan terbaik dari perusahaan Manajemen Investasi. Dan perusahaan yang memberikan jasa layanan terbaik mempunyai ciri-ciri antara lain:

  1. Agen penjualnya ramah serta mampu menjelaskan berbagai informasi yang memang Anda perlukan.
  2. Pelayanan yang cepat, namun tidak mengorbankan terhadap prinsip kehati-hatian. Karena investor biasanya juga harus mengisi beberapa formulir sesuai dengan peraturan standar.
  3. Mampu memberikan laporan berkala terkait perkembangan dana investor. Dan laporan biasanya dikirimkan pada alamat investor setiap bulannya.
  4. Proses administrasi mudah ketika melakukan pembelian ataupun penjualan.

Konsultasikan beberapa prosedur ini dengan pihak agen penjual sebelum anda melakukan pembelian produk sebagai cara memilih investasi reksadana.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel