Tips dan Cara Memilih Asuransi Perjalanan Terbaik

Cara Memilih Asuransi Perjalanan

Cara Memilih Asuransi Perjalanan - Di dalam melakukan perjalanan, setiap orang tentunya mempunyai tujuan yang berbeda-beda pula. Mulai dari yang berlibur dengan keluarga, pertemuan bisnis, pergi belajar dan yang sebagainya. Semua perjalanan ini dilakukan dengan harapan akan rasa nyaman dan juga aman. Akan tetapi, di setiap perjalanan yang dilakukan, tentunya ada resiko yang tidak dapat diprediksi dan dapat terjadi sewaktu-waktu. Misalnya seperti keterlambatan jadwal perjalanan, gangguan kondisi medis pada saat perjalanan, kehilangan barang bawaan sampai terjadinya kecelakaan. Pastinya, kita semua juga berharap bahwa semua itu tidak akan terjadi dan menimpa perjalanan yang dilakukan.

Dan di sinlah letaknya manfaat asuransi perjalanan. Sebuah polis asuransi perjalanan memberikan beragam manfaat yang sesuai dengan keperluan Anda pada saat dalam perjalanan. Karena, produk asuransi ini dikembangkan untuk memberi Anda ketenangan selama melakukan perjalanan. Asuransi perjalanan ini juga membantu dalam menutup resiko dan akan mengkompensasi pemegang polis dalam kerugian yang timbul disebabkan kejadian tidak terduga selama melakukan perjalanan.

Walaupun bukan merupakan suatu keharusan mempunyai asuransi perjalanan untuk melakukan perjalanan domestik, sangat dianjurkan sekali untuk memilikinya pada saat melakukan perjalanan ke luar negeri. Ada beragam produk asuransi perjalanan yang tersedia di pasar, tentunya Anda hanya harus menemukannya mana yang paling tepat.

Simak cara memilih asuransi perjalanan yang harus dievaluasi sebelum membeli polis asuransi perjalanan :

1. Meneliti Cakupan

Semua polis asuransi perjalanan sekilas memang terlihat sama, tetapi rincian klausul tentang apa saja yang dicakup dan tidak dicakup dapat menjadikan perbedaan yang besar. Misalnya, walaupun semua polis secara umum menawarkan biaya pengobatan darurat, rincian tentang apa saja yang dicakup, besar manfaat dari cakupan dan juga pengecualian mungkin saja bervariasi.

Adapun kompensasi atas keterlambatan penerbangan, kehilangan bagasi dan juga atas hilangnya dokumen pada umumnya yang tercover oleh sebagian besar polis. Dan di sisi lain, santunan kematian maupun cacat akibat kecelakaan mungkin tidak ditawarkan oleh semua polis. Karena santunan kecelakaan ini menjadi penting, utamanya bila seseorang tengah melakukan liburan petualangan.

Dalam hal ini juga di sarankan untuk tidak hanya membeli polis dengan cakupan yang maksimal, namun akan jauh lebih baik bila disesuaikan dengan kondisi untuk setiap individu.
Cara Memilih Asuransi Perjalanan

2. Cakupan Tujuan

Perusahaan asuransi perjalanan ini mungkin menawarkan polis yang mempunyai cakupan global atau hanya mempunyai cakupan pada wilayah geografis tertentu. Dengan memilih polis dengan cakupan global akan selalu lebih aman, sebab tidak ada risiko penolakan. Akan tetapi, mungkin ada subklausa dan juga pengecualian untuk hal ini. Begitu juga, pada saat melakukan perjalanan ke daerah yang dianggap berisiko tinggi, premi mungkin jauh lebih tinggi dan pembatasan mungkin juga lebih ketat.

3. Durasi Cakupan

Polis asuransi perjalanan dapat hanya berlaku bagi perjalanan tunggal maupun lebih dari satu perjalanan di dalam satu tahun. Adapun frekuensi perjalanan yang dilakukan juga akan berpengaruh di dalam menentukan pilihan polis yang sangat tepat. Periksa juga berapa hari durasi di luar negeri yang tercakup di dalam polis. Dan untuk mengantisipasi waktu perjalanan yang lebih lama dari rencana, maka akan jauh lebih baik bila memilih jangka waktu yang lebih lama dari rencana. Periksa juga apakah polis ini menawarkan fitur perpanjangan jika durasi perjalanan diperpanjang. Fitur ini akan membantu menghemat premi.

4. Luas Cakupan

Selain item apa saja yang dicakup dalam polis, sebaiknya Anda juga harus memeriksa berapa besar limit yang dimiliki oleh setiap item. Misalnya, suatu polis dapat saja mempunyai cakupan maksimum seperti kehilangan bagasi. Evaluasilah polis yang cocok bagi Anda dan juga yang menawarkan tingkat perlindungan maksimum.

5. Kondisi Kesehatan

Perusahaan asuransi ini pada umumnya tidak menanggung kondisi kesehatan yang telah ada. Walaupun tampaknya menguntungkan menyembunyikan kondisi kesehatan yang sudah dialami sebelumnya, pada saat terjadi klaim, maka perusahaan asuransi dapat saja meminta rincian riwayat kesehatan yang justru menyebabkan klaim ditolak.
Cara Memilih Asuransi Perjalanan

Memang untuk sejauh ini belum banyak pilihan asuransi perjalanan di negara Indonesia. Sebab perusahaan yang menawarkan asuransi perjalanan adalah perusahaan dari luar negeri. Pun demikian tidak berarti bahwa perusahaan di dalam negeri tidak ada yang mengeluarkan produk untuk asuransi perjalanan. Saat ini memang sudah ada beberapa perusahaan di tanah air yang juga mengeluarkan asuransi perjalanan. Dan sebelum Anda memilih produk asuransi perjalanan, maka setidaknya ada beberapa hal penting yang juga perlu diperhatikan antara lain :

1. Besaran Perlindungan

Para pembeli premi asuransi perjalanan ini juga harus meneliti dengan detail hal apa saja yang ditanggung. Jangan sampai membeli premi asuransi yang sama dengan premi yang telah dimiliki. Misalnya seperti cukup membeli asuransi perjalanan yang akan menanggung hanya kehilangan barang sebab sudah mempunyai asuransi jiwa sebelumnya.

2. Waktu Perlindungan

Anda bisa memilih asuransi perjalanan yang sesuai dengan lamanya waktu dalam melakukan perjalanan. Asuransi perjalanan ini terkadang hanya akan menanggung resiko selama melakukan perjalanan. Misalnya seperti disesuaikan dengan tanggal yang tercetak pada tiket pulang dan pergi.

3. Luas Perlindungan

Untuk melakukan perjalanan wisata maupun perjalanan berisiko tinggi, terkadang perusahaan asuransi ini enggan menanggung. Adapun resiko tinggi yang dimaksud di antaranya adalah olahraga ekstrem, wisata alam liar maupun ke tempat yang dianggap berbahaya seperti ke daerah konflik. Dan untuk aktivitas ekstrem terkadang perusahaan asuransi ini juga akan menetapkan premi tambahan. Oleh sebab itu, maka sangat di anjurkan sekali untuk mengungkapkan semua rincian kesehatan di tahap awal dengan sebetulnya untuk menghindari penolakan klaim.
Cara Memilih Asuransi Perjalanan

Dan sebelum Anda semua melakukan perjalanan yang jauh, baik ke luar kota maupun ke luar negeri, maka ada baiknya jika Anda semua mempertimbangkan asuransi perjalanan. Sebab keuntungan yang diperoleh dari asuransi perjalanan yang ditawarkan dengan produk ini juga sangat penting sekali sebagai antisipasi bila terjadi hal tidak diinginkan selama kita berlibur maupun bepergian untuk urusan pekerjaan.

Dengan beberapa kemudahan yang ditawarkan asuransi perjalanan, pembelian asuransi di pelabuhan atau stan bandara tidak dianjurkan, karena penumpang jelas tidak memiliki kesempatan lagi dalam memberitahukan dokumen asuransi yang dimilikinya kepada pihak keluarga. Sehingga jika terjadi sesuatu di dalam perjalanan, keluarga bisa saja tidak tahu bahwa dirinya bisa mengurus klaim asuransi atas nama korban.

Demikian artikel terkait cara memilih asuransi perjalanan, semoga bermanfaat bagi anda semua khususnya bagi para pembaca semua.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel