Tips dan Cara Memilih Asuransi Pendidikan Terbaik

Cara Memilih Asuransi Pendidikan

Cara Memilih Asuransi Pendidikan – Untuk Anda para orangtua yang memiliki anak pastinya telah memikirkan perencanaan masa depan bagi mereka, utamanya tentang pendidikan. Seperti yang sudah diketahui bersama, biaya pendidikan untuk sekarang ini memang sudah terbilang mahal dan sangat mahal, terlebih lagi bagi sekolah favorit atau unggulan dan sekolah nasional yang berkategori plus. Beragam upaya juga dilakukan di dalam mempersiapkan dana pendidikan untuk sang anak, dari yang mulai membuka tabungan pendidikan, memilih asuransi pendidikan yang baik bagi anak, menginvestasikan dana untuk produk keuangan tertentu supaya nanti hasilnya dapat di pakai untuk biaya pendidikan anak, investasi emas serta berbagai macam cara yang lainnya.

Adapun salah satu cara yang akan kita bahas kali ini adalah cara memilih asuransi pendidikan yang baik bagi anak. Apa itu yang dinamakan asuransi pendidikan? Bagaimana cara untuk memilih asuransi pendidikan yang tepat, baik, serta sesuai dengan kebutuhan?

Asuransi pendidikan adalah salah satu produk asuransi yang diperuntukkan untuk menjamin biaya pendidikan bagi anak sejak dini sampai nanti anak menyelesaikan pendidikannya. Adapun asuransi pendidikan ini terkadang digolongkan sebagai pilihan lain dari tabungan pendidikan yang nantinya digunakan untuk membiayai pendidikan anak dari sekolah dasar hingga ke perguruan tinggi. Terkadang asuransi ini juga dibagi atas dua bagian berdasar pada manfaatnya, yakni investasi dan proteksi.

Yang pertama investasi ini untuk memastikan dana yang cukup untuk biaya sekolah bagi anak. Perlu investasi sebab tingginya kenaikkan biaya pendidikan, sementara menabung ini menawarkan kepastian namun hasilnya tidak cukup sebab rendahnya bunga. Meskipun lebih beresiko, investasi ini akan menjanjikan potensi keuntungan yang jauh lebih tinggi di banding menabung.

Yang kedua, proteksi dalam memastikan bila pencari nafkah ini mengalami musibah, anak juga tetap dapat bersekolah dengan lancar. Namun, seandainya orang tua meninggal dunia misalnya seperti kecelakaan atau cacat tetap, maka asuransi ini akan melindungi dengan cara mencairkan uang pertanggungan. Adapun perilaku orang tua yang hanya fokus terhadap bagaimana berinvestasi jelas kurang tepat. Sebab orang tua tidak hanya harus memilih investasi yang tepat, namun juga harus memastikan bahwa tersedia proteksi yang lumayan dalam melindungi anak dan juga keluarga.

Terkadang, tidak sedikit orang yang lebih memilih asuransi pendidikan bila dibanding dengan tabungan pendidikan, hal ini juga sudah sangat jelas alasannya sebab asuransi pendidikan akan menawarkan keuntungan yang jauh lebih besar. Bunga asuransi jauh lebih besar dibanding tabungan, sebab rata-rata sekitar 15 persen setahunnya. Dan apabila Anda tertarik untuk membeli produk asuransi pendidikan, maka simak beberapa tips dan cara memilih asuransi pendidikan yang baik bagi anak:
Cara Memilih Asuransi Pendidikan

1. Kenali Perusahaan Asuransi

Seperti yang telah kita ketahui, di negara Indonesia ada beberapa perusahaan asuransi yang memiliki beberapa produk asuransi pendidikan. Misalnya seperti perusahaan asuransi Allianz, Prudential, Manulife, Asuransi Bumiputera, AXA dan lainnya. Tidak kenal maka tidak sayang, begitulah kata pepatah. Begitu pula berlaku di dalam memilih perusahaan asuransi, sebelum Anda memutuskan untuk memilih salah satu dari perusahaan tersebut. Maka juga sangat disarankan untuk lebih mengenal perusahaan asuransi ini terlebih dahulu supaya Anda mengetahui kualitasnya dan Anda lebih yakin lagi dengan perusahaan asuransi yang akan dipilih. Dan untuk memperoleh informasi detail tentang perusahaan tersebut, Anda bisa mengunjungi situs resmi dan juga bertanya langsung ke pusat layanan konsumen dari perusahaan asuransi yang anda pilih. Selain itu bisa pula bertanya pada teman maupun saudara yang sudah merasakan langsung manfaat dari salah satu perusahaan tersebut.

2. Sesuaikan Premi dengan Biaya Pendidikan Anak untuk Masa Depan

Ada beberapa bahkan sebagian besar perusahaan asuransi ini, memberikan kebebasan penuh untuk Anda di dalam menentukan jumlah premi yang akan dibayar. Akan tetapi Anda juga disarankan untuk tidak memilih premi asuransi dalam jumlah yang sedikit. Kenapa demikian? Sebab laju inflasi yang ada di Indonesia beberapa tahun terakhir mencapai 12% hingga 15% dengan perkiraan kenaikan biaya pendidikan ini sebesar 20% hingga 25% untuk setiap tahunnya. Maka dari itu, apabila premi Anda ini rendah, maka mungkin saja Anda ini tidak bisa mencukupi biaya pendidikan anak di masa yang akan datang. Adapun idealnya premi asuransi setiap bulan berkisar mulai dari Rp 500.000 hingga Rp. 800.000.
Cara Memilih Asuransi Pendidikan

3. Pilih Polis Fleksibel

Ada beberapa perusahaan asuransi yang tidak memperbolehkan para tertanggung untuk mengambil polis asuransi bila belum mencapai periode tertentu. Hal ini sebenarnya sah-sah saja, namun ada baiknya untuk memilih perusahaan asuransi yang dapat mengijinkan Anda memilih polis yang bersifat fleksibel. Hal ini berarti bahwa polis asuransi bisa Anda ambil kapan saja sesuai dengan keperluan pendidikan sang anak.

4. Cek Fasilitas Tambahan

Terkadang fasilitas tambahan asuransi pendidikan berupa proteksi maupun jaminan kesehatan yang berupa ganti rugi biaya perawatan medis di rumah sakit. Anda boleh saja mempertimbangkan fasilitas ini bila Aanda juga butuh jaminan biaya kesehatan bagi anak. Akan tetapi, pastikan bahwa fasilitas tambahan ini, tidak memotong terlalu banyak polis asuransi pendidikan anak supaya dana pendidikan tetap tercukupi.

5. Pilih Perusahaan Asuransi Murah

Pilihlah salah satu asuransi yang menyediakan asuransi pendidikan yang murah. Selanjutnya pertimbangkan pula berapa banyak uang yang bisa disisihkan untuk di setorkan kepada pihak asuransi setiap tahunnya. Oleh sebab itu pilihlah perusahaan asuransi yang menawarkan dana dengan lebih murah.
Cara Memilih Asuransi Pendidikan

6. Tetapkan Dana Pendidikan dan Kapan Dibutuhkan

Tentukanlah jumlah dana pendidikan dari awal dan kapan dibutuhkannya. Sebab hal ini juga akan menentukan jangka waktu polis dan keperluan besarnya manfaat saat jauh tempo.


Mencari cara untuk mewujudkan dana pendidikan terbaik anak merupakan tugas penting orang tua agar anak dapat sekolah dengan baik dan juga lancar. Oleh sebab itu, disarankan sebelum memilih, orang tua juga harus mempelajari dulu pilihan yang ada, mencari pilihan terbagus dan terbaik. Janganlah terpaku pada satu pilihan saja seperti unit link, namun bandingkanlah dengan semua alternatif. Kita juga harus mencari yang paling cocok, yang paling dapat memenuhi tujuan atau keperluan keuangan kita.

Demikian artikel terkait cara memilih asuransi pendidikan, semoga dapat bermanfaat bagi Anda semua.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel