Selasa, 06 Oktober 2015

Tips dan Cara Memilih Investasi Properti Terbaik

Cara Memilih Investasi Properti

Cara Memilih Investasi Properti – Properti merupakan sesuatu yang dapat diinvestasikan dan memiliki keuntungan yang sangat menggiurkan. Yang perlu Anda lakukan pertama kali adalah Anda harus mengetahui macam–macam properti dan mengetahui kekurangan dan kelebihan dari properti tersebut. Oleh karena jenis dari properti ini bermacam–macam, maka jika kita ingin melakukan investasi dalam bidang properti, maka Anda harus menentukan jenis properti mana yang akan dipilih. Pemilihan dari jenis properti ini akan menentukan berhasil atau tidaknya usaha properti yang akan Anda jalankan. Anda harus memperhatikan keuntungan dalam jangka panjang, sehingga bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Bagi Anda yang menginginkan properti sebagai investasi dalam hidup, maka berikut ini adalah beberapa cara memilih investasi properti yang dapat Anda gunakan :

1. Anda harus mengetahui waktu yang tepat untuk membeli properti dan jeli dalam memilih properti tersebut.

Prinsip yang digunakan dalam bidang jual beli properti adalah menjual dengan harga yang lebih tinggi daripada saat membeli. Harga dari properti sendiri tergantung dari minat pasar dan tidak bisa menjadi harga yang baku. Misalnya saja jika harga properti pada tahun kemarin adalah Rp. 300 juta rupiah dan pada tahun ini harga properti tersebut masih sama, berarti harga properti yang Anda incar tersebut menurun. Pada saat inilah Anda hendaknya membeli properti tersebut.

2. Anda harus bisa memilih lokasi yang tepat untuk melakukan bisnis properti ini.

Memilih lokasi sebagai faktor utama yang menentukan laku atau tidaknya suatu properti. Lokasi yang berada di daerah strategis akan sangat menguntungkan bagi Anda, karena properti Anda akan semakin laku. Atau Anda bisa juga memilih lokasi yang memiliki harga properti semakin meningkat karena adanya pembangunan. Lokasi yang memiliki prospek tinggi dan strategis adalah lokasi yang berada di sekitar usaha perkantoran, pertumbuhan ekonomi dan usaha bisnis yang sering disebut kawasan segitiga emas.

3. Anda harus memperhatikan sumber dana yang anda peroleh dalam memilih investasi properti.

Untuk membiayai investasi yang Anda lakukan, Anda harus berpikir apakah akan memilih pembayaran secara kredit, tunai, atau tunai bertahap. Pembiayaan investasi ini sangat tergantung pada anda sebagai investor dan juga pada keadaan.
Cara Memilih Investasi Properti

4. Anda harus mampu mencermati investasi mana yang memiliki prospek bagus.

Memilih investasi properti adalah melihat prospek kedepannya. Beberapa properti yang saat ini masih memiliki prospek bagus untuk dijadikan investasi adalah properti berupa kantor, retail, dan kondominium. Apartemen dan kondominium menempati posisi paling atas dalam hal pengembalian yaitu sekitar 12%. Sedangkan untuk tingkat pengembalian kantor berada para posisi 10%. Adapun properti seperti kios dan toko memiliki tingkat pengembalian sekitar 9%.

5. Anda harus memilih pengembang properti yang memiliki kemampuan dan reputasi yang bagus dalam dunia bisnis properti.

Memilih pengembang yang bagus. Bagi Anda yang masih pemula dalam hal bisnis properti ini, sangatlah penting untuk melihat kualitas pengembang agar investasi yang Anda tanamkan bisa menghasilkan keuntungan yang lebih baik. Pertimbangan utama yang harus diperhatikan adalah ketepatan waktu, ketepatan sesuai dengan kontrak dan kualitas yang diberikan.

Jika anda ingin melakukan investasi properti, Anda hendaknya memperhatikan cara memilih investasi properti yang dipaparkan di atas. Selain itu Anda juga harus memiliki jenis properti yang memiliki keuntungan berlebih jika dijadikan investasi dalam waktu yang panjang.
Cara Memilih Investasi Properti

Berikut kami berikan jenis properti yang cocok untuk dijadikan investasi dalam jangka waktu yang panjang :

1. Investasi Tanah

Cara memilih investasi properti yang benar juga ditunjang oleh pemilihan jenis properti. Membeli tanah merupakan salah satu pilihan yang menarik untuk Anda yang ingin berbisnis dalam bidang properti, karena dalam jangka waktu yang panjang, harga tanah yang telah dibeli akan memberikan keuntungan yang banyak. Ini disebabkan karena harga tanah setiap tahunnya semakin meningkat. Pemilihan investasi properti menggunakan tanah, merupakan bisnis yang memerlukan waktu yang lama. Jadi jika Anda menginginkan keuntungan dalam jangka waktu yang pendek, maka Anda bisa memilih bisnis properti selain properti tanah.

Kesulitan–kesulitan dalam melakukan bisnis propeti jenis tanah ini adalah tanah sangat sulit untuk dikontrakkan, yang menyebabkan kita tidak bisa mendapatkan pemasukan tambahan dari investasi tanah tersebut. Selain itu, tanah juga sulit dijadikan jaminan ke bank, karena jaminan di bank itu harus tanah yang memiliki bangunan di atasnya. Namun bisnis properti tanah ini memiliki kelebihan, yaitu harga tanah yang sangat cepat naik dan harga beli yang kita dapatkan di awal sangat terjangkau. Selain itu investasi properti dalam bentuk tanah ini tidak memerlukan perawatan yang berlebih sehingga tidak membutuhkan asuransi atau layanan jasa yang lainnya. Anda hanya tinggal membeli kemudian menyimpan investasi tanah Anda ini. Maka dalam jangka waktu lima atau sepuluh tahun lagi harga jual dari tanah tersebut akan mengalami peningkatan dengan pesat.

2. Investasi Apartemen

Selain investasi tanah, Anda juga bisa melakukan usaha investasi apartemen. Apartemen selain untuk berinvestasi juga bisa menambah penghasilan tambahan bagi pemiliknya. Misalnya saja di kota–kota besar, apartemen sangat dibutuhkan. Jadi jika Anda ingin berinvestasi apartemen, hendaknya Anda mencari apartemen yang berada di daerah kota–kota besar. Anda bisa menyewakan apartemen tersebut dan mendapatkan uang sewanya setiap bulan. Jadi penghasilan Anda bisa bertambah setiap bulannya dari investasi apaetemen tersebut.

Akan tetapi dalam berinvestasi apartemen juga ada kerugiannya yaitu harga dari apartemen yang terbilang cukup tinggi. Jika Anda menyewakan apartemen tersebut sudah pasti akan kembali modal dalam waktu yang lumayan lama. Selain itu Anda juga perlu menambah biaya untuk perawatan apartemen Anda. Harga dari apartemen sekarang ini juga sudah mulai menyusut setiap tahunnya.

Cara Memilih Investasi Properti


3. Investasi Rumah atau Bangunan

Keuntungan dan kerugian dari berinvestasi tanah dan apartemen sudah kita bahas di atas, untuk selanjutnya adalah investasi rumah atau bangunan. Investasi rumah atau bangunan ini sangat berbeda jika dibandingkan dengan investasi apartemen atau tanah. Kelebihan dari berinvestasi rumah atau bangunan adalah kita bisa sambil mengambil keuntungan setiap bulannya layaknya investasi apartemen. Kenaikan dari investasi rumah atau bangunan ini juga lebih terjaga daripada investasi apartemen. Namun kenaikan harganya tidak bisa menandingi kenaikan harga dari investasi tanah. Selain itu bangunan atau rumah juga bisa dijadikan jaminan ke bank. Akan tetapi layaknya sebuah apartemen, bangunan atau rumah memerlukan biaya tambahan untuk perawatan dan pembayaran surat–surat tanah setiap tahunnya misalnya pajak bumi dan bangunan.

Kelebihan dari jenis properti rumah dan bangunan ini daripada jenis properti yang lain adalah rumah dan bangunan ini sangat mudah jika ingin dijual kembali, karena banyak orang di sekitar kita yang membutuhkan tempat tinggal namun tidak memiliki lahan. Sehingga mereka akan berpikir untuk lebih memilih membeli lahan yang sudah ada bangunannya dan tinggal ditempati saja.

Demikian info cara memilih investasi properti, semoga bermanfaat.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post

.

 

Delivered by FeedBurner